IFBC Banner

Jepang Murka, Ukraina Samakan Kaisar Jepang dengan Adolf Hitler

Selasa, 26 April 2022 – 15:04 WIB

Jepang Murka Ukraina Samakan Kaisar Jepang dengan Hitler (Foto:Istimewa)

Jepang Murka Ukraina Samakan Kaisar Jepang dengan Hitler (Foto:Istimewa)

UKRAINA, REQNews - Pemerintah Ukraina mengaku menyesal karena telah membandingkan Kaisar Hirohito dengan para fasis seperti Adolf Hitler dan Benito Mussolini. Ketiga orang itu adalah bagian dari kekuatan Axis di Perang Dunia II.

Pemerintah Ukraina telah menghapus foto Kaisar Jepang Hirohito pada masa perang dari video yang memperlihatkan sang kaisar bersama Adolf Hitler dan Benito Mussolini.

Permintaan maaf itu menyusul protes keras Jepang atas video tersebut, kata para pejabat Jepang, Senin, 25 April 2022 seperti laporan Associated Press.

Foto itu muncul pada sebuah video di Twitter. Ukraina berkata sedang melawan "rusisme" yang merupakan gabungan dari kata Rusia dan fasisme.

Video tersebut, yang diposting oleh pemerintah Ukraina di Twitter tangga l1 April, mengkritik serangan Rusia sebagai “rasisme.” Di bawah foto-foto ketiga pemimpin era Perang Dunia II itu terdapat tulisan “Fasisme dan Nazisme dikalahkan pada 1945.”

"Permintaan maaf kami secara tulus karena membuat sebuah kesalahan di versi sebelumnya dari video ini. Kami tidak berniat menyinggung masyarakat bersahabat di Jepang. Pada video baru di atas kami telah mengoreksi kesalahannya," tulis Twitter @Ukraine, dikutip Selasa 26 April 2022.

Menurut laporan Kyodo, Deputi Kepala Kabinet Yoshihiko Isozaki berkata pemakaian foto Kaisar Hirohito tidaklah tepat.

"Itu tidak patut dan sangatlah disesalkan," ujarnya.

Namun, Isozaki berkata foto itu telah diganti. Dukungan Jepang kepada Ukraina terkait Rusia pun masih tidak berubah.

Sejauh ini, Jepang adalah salah satu negara Asia yang sangat tegas mendukung Ukraina melawan invasi Rusia. Negara itu juga memberikan sanksi kepada Rusia, serta menerima warga Ukraina yang datang ke negaranya.

Jepang dilaporkan menyediakan utang sebesar US$ 300 juta untuk Ukraina, serta persediaan seperti masker gas.

Kaisar Hirohito adalah penguasa Jepang ketika Perang Sino-Jepang, pendudukan Indonesia, serta Perang Dunia II. Hirohito menyerah usai AS menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.