IFBC Banner

Warga Diminta Tingkatkan Kesiapsiagaan, Anak Krakatau Terus Alami Erupsi

Selasa, 26 April 2022 – 15:31 WIB

Gunung Anak Krakatau (Foto: AFP/STR)

Gunung Anak Krakatau (Foto: AFP/STR)

BANTEN, REQNews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan serta kewaspadaan di tempat-tempat wisata di sekitar Gunung Anak Krakatau (GAK).

IFBC Banner


Ini menyusul peningkatan aktivitas vulkanik gunung berapi di Selat Sunda ini hingga statusnya dinaikkan menjadi Level III atau Siaga pada Minggu 24 April 2022.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, aktivitas wisata di sepanjang Pantai Anyer dan Selat Sunda perlu diwaspadai menyusul erupsi Gunung Anak Krakatau.

"Kita tahu kita akan mendekat libur panjang Lebaran tentu saja aktivitas transportasi di sepanjang Selat Sunda dan aktivitas wisata, nantinya di sepanjang Anyer dan tempat-tempat lain di sekitar Krakatau juga dekat, maka yang paling utama peningkatan kesiapsiagaan kita kewaspadaan kita," jelas Abdul dalam konferensi pers, Senin 25 April 2022.

Menurut dia, BNPB saat ini belum melakukan upaya kontijensi bencana atau krisis terkait erupsi Gunung Anak Krakatau. BNPB masih menunggu informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) apabila erupsi tersebut berpotensi tsunami.

"Sekiranya ada kenaikan aktivitas erupsi dan kemudian pertimbangan-pertimbangan dari para pakar dan BMKG juga menyampaikan ada kemungkinan mengarah pada tsunami, maka tentu saja aspek-aspek kontijensi disekitar selat sunda kita akan berlakukan," katanya.

"Termasuk nantinya terkait dengan pengaturan skema transportasi, itu bergantung pada kondisi yang berkembang," sambung Abdul.

Namun, kata dia, saat ini BNPB masih dalam tahap mengamati erupsi Gunung Anak Krakatau. Abdul pun meminta masyarakat unfuk terus memperhatikan informasi serta imbauan dari BMKG.