IFBC Banner

Cegah Kebakaran Rumah Selama Ditinggal Mudik, Wali Kota Jaksel Kasih Imbauan Ini

Kamis, 28 April 2022 – 00:02 WIB

Pemadaman kebakaran (Foto: Ilustrasi)

Pemadaman kebakaran (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, REQnews - Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin mengimbau kepada warganya yang ingin meninggalkan rumah untuk mudik lebaran 2022 ke kampung halaman. Termasuk, adanya sosialisasi melakukan pencegahan kebakaran rumah saat ditinggal mudik nanti.

IFBC Banner


Munjirin pun mengimbau warganya yang hendak mudik agar lebih proaktif kepada tetangga sekitar, terlebih saat mudik lebaran banyak orang meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong tidak berpenghuni.

"Dalam melakukan mudik itu saya ingatkan ke yang bersangkutan agar proaktif berhubungan dengan tetangga kanan kiri yang tidak mudik ataupun pengurus RT agar yang bersangkutan memasrahkan rumahnya itu untuk dikontrol oleh tetangganya," ujar Munjirin kepada wartawan, Rabu 27 April 2022.

Ia pun mengatakan kepada warga yang hendak mudik untuk mengontrol arus listrik di rumahnya, termasuk mencabut stop kontak listrik yang tidak terpakai.

"Kemudian kalau udah dititip ke tetangga, kuncinya itu kan bisa dikontrol setiap hari baik matiin lampu atau hidupin lampu," kata dia.

"Ini semuanya tanggung jawab dari kita semua dan saya mohon proaktif bagi warga yang mau melakukan perjalanan pulang kampung," ujarnya.

Diketahui, beberapa waktu lalu sering terjadi kebakaran melanda wilayah Jakarta Selatan. Seperti rumah di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengalami kebakaran.

Dalam kebakaran tersebut, sebanyak sepuluh unit mobil damkar dikerahkan. "Betul, 10 unit," ujar petugas call center Damkar DKI Jakarta, Selasa 26 April 2022, pukul 10.07 WIB.