IFBC Banner

KPK Temukan Barang Bukti Elektronik Terkait Kasus Suap Ade Yasin

Sabtu, 30 April 2022 – 19:01 WIB

Gedung KPK (Foto:Reqnews)

Gedung KPK (Foto:Reqnews)

JAKARTA, REQNews - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah dua lokasi terkait kasus dugaan suap Bupati Bogor, Ade Yasin, Jumat 29 April 2022. Kedua lokasi yang digeledah berada di Bandung, Jawa Barat.

IFBC Banner


"Tim Penyidik, Jumat 29 April 2022 telah selesai melaksanakan upaya paksa penggeledahan di dua lokasi dari kediaman dua tersangka yang berada. Pertama di wilayah Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung dan kedua di Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari, Kota Bandung," jelas Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Sabtu 30 April 2022.

Pada penggeledahan itu, penyidik KPK menemukan sejumlah barang bukti berupa bukti elektronik.

Ali mengatakan bahwa barang bukti tersebut akan dianalisis lebih lanjut untuk dikonfirmasi kepada para saksi dan tersangka.

"Berikutnya bukti-bukti ini akan dianalisa lebih lanjut dan disita sebagai barang bukti elektronik (BBE) yang isinya akan dikonfirmasi kembali kepada para saksi dan tersangka," tegas Ali.

Sebelumnya, penyidik juga melakukan penggeledahan terkait kasus ini. Saat itu, penyidik menyita sejumlah dokumen dan mata uang asing yang diduga kuat sebagai bukti kejahatan rasuah yang dilakukan Ade.

"Ada empat lokasi penggeledahan, yaitu Pendopo / Rumah Dinas Bupati Kabupaten Bogor, Kantor Dinas PUPR Pemkab Bogor, Kantor BPKAD Pemkab Bogor, dan Rumah Kediaman Ade yang beralamat di Ciparigi, Bogor Utara, Kota Bogor.

Ditemukan dan diamankan berbagai bukti, di antaranya berbagai dokumen keuangan, di samping itu juga ditemukan uang dalam pecahan mata uang asing.