IFBC Banner

Waspada! Modus Kasih Bansos Komplotan Ini Malah Curi Perhiasan Warga

Sabtu, 30 April 2022 – 21:02 WIB

Ilustrasi Modus Beri Bansos Ternyata Maling (Foto:Istimewa):

Ilustrasi Modus Beri Bansos Ternyata Maling (Foto:Istimewa):

PATI, REQNews – Perpura-pura sebagai petugas yang mendata bantuan sosial Covid-19, komplotan pencuri ini berhasil menggasak emas milik warga.

Pelaku yakni OS (28) warga Kabupaten Pemalang berhasil diamankan polisi. Sementara satu pelaku lainnya, B (45) warga Sulawesi berhasil melarikan diri.

Aksi pencurian emas ini terjadi di rumah Kusni, warga Desa Mencon, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, pada Jumat 29 April 2022 sekira pukul 12.15 WIB.

Kapolsek Pucakwangi, AKP Suwarno menjelaskan, Pencurian Berawal ketika korban, Kusni, tiba-tiba didatang 2 orang laki-laki. Lalu dipempersilahkan masuk dan duduk diruang tamu.

Setelah duduk, pelaku B mengajak ngobrol korban dan menanyakan apakah sudah vaksin atau belum.

Korban yang menjawab sudah vaksin kemudian dijanjikan akan mendapat bantuan sosial Covid-19 berupa uang tunai sebesar Rp 300 ribu dengan syarat korban bersedia di foto tanpa memakai perhiasan.

“Modus operandinya, pelaku berpura pura menawarkan bantuan sosial Covid-19 berupa uang tunai sebesar Rp 300 ribu dengan pencairan sebanyak 3 kali dengan syarat foto data pribadi yang tidak memakai perhiasan,” ujar AKP Suwarno, Sabtu 30 April 2022.

Korban pun tak curiga dan menuruti permintaan pelaku dengan melepas cincin, gelang dan kalung kemudian perhiasan tersebut ditaruh di atas meja kamar. Kemudian pelaku OS mengajak korban untuk foto di dapur rumah.

“Setelah korban melepas perhiasan dan di foto salah satu pelaku di dapur, pelaku yang satunya mengambil perhiasan yang ditaruh di kamar,” lanjutnya.

Setelah mendapat perhiasan, pelaku B memanggil rekannya OS yang sedang memfoto korban untuk segera keluar rumah.

Karena curiga, korban kemudian mengecek perhiasan yang ditaruh di meja kamarnya dan ternyata sudah tidak ada.

Melihat perhiasannya dicuri, korban lari mengejar kedua pelaku yang ada di depan rumah korban dengan posisi kedua pelaku sudah berada diatas motor. Sambil teriak, korban berhasil menarik jaket OS hingga terlepas. Kedua pelaku kemudian kabur.

Mendengar teriakan korban, tetangganya keluar dan ikut meneriaki maling- maling sehingga korban lari ke arah persawahan. Satu pelaku berhasil ditangkap warga, sementara satu pelaku lainnya berhasil lolos.