IFBC Banner

Update Kasus Bripda Randy! Cuma Divonis 2 Tahun Penjara, Lebih Ringan dari Tuntutan karena Sopan

Minggu, 01 Mei 2022 – 23:01 WIB

Bripda Randy Bagus

Bripda Randy Bagus

JAKARTA, REQnews - Majelis hakim akhirnya menjatuhkan vonis 2 tahun penjara pada Brupda Randy Bagus Hari Sasongko (21 tahun) atas kasus aborsi Novia Widyasari.

Vonis tersebut cukup mengejutkan publik. Pasalnya, polisi nonaktif itu dijatuhi hukuman lebih ringan dibanding tuntutan jaksa, yakni 3,5 tahun penjara.

Keringanan hukuman ini diberikan hakim lantaran selama ini Randy bersikap sopan dan belum pernah dihukum.

Sidang pembacaan vonis Bripda Randy sendiri digelar di Ruangan Candra, PN Mojokerto, pada Kamis lalu, 28 April 2022. Sidang perkara aborsi kandungan Novia itu dipimpin Ketua Majelis Hakim Sunoto.

Atas vonis 2 tahun penjara itu, jaksa pun mengajukan banding karena menilai putusan tersebut belum adil.

Bripda Randy dinilai terbukti dengan sengaja menyebabkan gugurnya kandungan kekasihnya, Novia dengan persetujuan korban. Hukuman maksimal yang diatur dalam pasal ini adalah 5,5 tahun penjara. Namun, majelis hakim memvonis Randy hanya 2 tahun penjara.

"Kami bersikap untuk mengajukan banding. Karena pidana yang dijatuhkan kepada Randy selama dua tahun. Kami merasa itu belum memenuhi keadilan di masyarakat. Kami akan meminta sesuai tuntutan yang kami bacakan," kata Kasipidum Kejaksaan Negeri Kabupaten Mojokerto, Ivan Yoko, dikutip Minggu, 1 Mei 2022.

Jaksa menuntut agar Randy dihukum 3,5 tahun penjara karena dinilai terbukti melakukan tindak pidana pasal 348 ayat (1) juncto pasal 56 ayat (2) KUHP.

"Hari ini kami mengajukan banding ke PN Mojokerto. Untuk memori banding, tanggal 9 atau 10 Mei kami serahkan," tandasnya.