IFBC Banner

Fakta Kebakaran Puluhan Kapal di Cilacap: Bermula dari Ledakan

Rabu, 04 Mei 2022 – 05:01 WIB

Kapal terbakar di Dermaga Batere dan Dermaga Wijayapura, Cilacap (foto: Tim SAR Cilacap)

Kapal terbakar di Dermaga Batere dan Dermaga Wijayapura, Cilacap (foto: Tim SAR Cilacap)

JAKARTA, REQnews - Masyarakat Kabupaten Cilacap dihebohkan dengan terbakarnya puluhan kapal yang bersandar di Dermaga Batere dan Dermaga Wijayapura, Kelurahan Tambakreja Selasa 3 Mei 2022 sore hari.

Polres Cilacap sedang melakukan penyelidikan mendalam atas peristiwa yang menghanguskan puluhan kapal milik nelayan tersebut.

Mengutip Antara, kebakaran ini melanda 45 kapal, 44 di antaranya milik nelayan dan satu lagi adalah jenis tug boat.

"Ada 45 kapal terdiri 44 kapal nelayan dan satu 'tug boat'. Kami belum bisa merinci karena harus mendata dulu jenis-jenisnya termasuk (berapa) GT-nya berapa," kata Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro.

Ia menyebut, Tim Laboratorium Forensik Cabang Semarang akan melakukan penyelidikan penyebab sebenarnya puluhan kapal tersebut bisa terbakar.

Adapun, kebakaran tersebut pertama kali terjadi pada salah satu kapal yang sedang bersandar di Dermaga Batere, dan diawali dengan sebuah ledakan besar.

Karena kobaran api terus membesar, akhirnya menjalar ke kapal-kapal lainnya yang sedang bersandar, bahkan sampai ke Dermaga Wijayapura.

Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam peristiwa ini atau tidak. Juga belum ada keterangan resmi mengenai kerugian yang dialami para nelayan atau pemilik kapal.