IFBC Banner

Geger! Pria Lansia Sudah Dinyatakan Meninggal, Saat di Kamar Mayat Hidup Kembali

Rabu, 04 Mei 2022 – 14:03 WIB

Ilustrasi mayat (foto:Istimewa)

Ilustrasi mayat (foto:Istimewa)

SHANGHAI, REQNews - Seorang pria lanjut usia (lansia) penghuni panti jompo di Kota Shanghai, Cina, yang sudah dinyatakan meninggal oleh dokter bangun kembali saat derada di kamar mayat.

Dilaporkan Bloomberg, Rabu 4 Mei 2022, otoritas pemerintah setempat membenarkan kejadian tersebut dan langsung menggelar penyelidikan.

Peristiwa ini terjadi saat Shanghai dilanda kepanikan dengan lonjakan kasus kematian akibat Covid-19 di kalangan lansia.

Netizen mengecam kejadian ini dan menumpahkan kemarahan mereka kepada panti jompo. Laporan stasiun televisi pemerintah CCTV mengungkap, empat orang diberhentikan dari jabatan mereka karena dianggap bertanggung jawab, yakno direktur panti jompo serta tiga pejabat dari biro urusan sipil dan dinas sosial distrik.

Direktur biro urusan sipil distrik juga sedang menjalani pemeriksaan.

Sementara itu pemerintah kota mencabut izin seorang dokter bermarga Tian serta menggelar kasus keamanan publik terhadap yang bersangkutan.

Peristiwa ini terjadi saat lockdown ketat di Shanghai memasuki pekan kelima. Selain itu penambahan harian kasus infeksi Covid-19 stabil di tiga digit.

Selain itu mayoritas dari 400 korban meninggal dalam wabah gelombang terbaru ini adalah orang tua dengan penyakit bawaan.

Bahkan jumlahnya diperkirakan lebih tinggi dibandingkan data resmi mengingat beberapa panti jompo tidak melaporkan warganya yang meninggal ke otoritas.

Tingkat vaksinasi yang rendah di kalangan lansia di Cina menjadi salah satu kelemahan negara itu dalam memerangi pandemi Covid-19.

Di Shanghai saja, hanya 62 persen penduduk berusia di atas 60 tahun yang sudah mendapatkan vaksin penuh dan hanya 15 persen penduduk berusia di atas 80 tahun yang sudah dua kali disuntik. Usia rata-rata kematian yang dilaporkan pada Minggu lalu adalah 84.