IFBC Banner

Kapan Status Pandemi Menjadi Endemi? Ini Bocoran dari Istana

Kamis, 05 Mei 2022 – 19:30 WIB

Ilustrasi endemi Covid-19

Ilustrasi endemi Covid-19

JAKARTA, REQnews - Masyarakat tengah bertanya-tanya, kapan status pandemi Covid-19 diturunkan menjadi endemi oleh pemerintah? Karena melihat angka kasusnya, semakin hari terus mengalami penurunan drastis.

Menjawab hal tersebut, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo mengatakan, penentuan skema menuju endemi akan bergantung pada hasil evaluasi setelah masa mudik Idul Fitri.

"Untuk skema menuju endemi pemerintah masih akan menunggu evaluasi beberapa minggu pasca-mudik lebaran. Kita berharap tidak akan terjadi lonjakan lagi seperti di negara lain. Pemerintah akan bersiap mengantisipasi bila terjadi lonjakan," kata Abraham di Jakarta, Kamis 5 Mei 2022.

Ia menyatakan, dalam tujuh pekan terakhir, angka kasus Covid-19 di Tanah Air sudah terkendali.

Hal itu, ditunjukkan oleh data Reproduction Rate (Rt) yang konsisten di angka 1, serta jumlah kasus harian Covid-19 terus melandai.

"Per 3 Mei 2022, 107 kasus per hari, angka kematian 18 per hari, dan angka kasus aktif tinggal 6.951. Suatu hal yang patut kita syukuri dan apresiasi kepada tenaga kesehatan, TNI-Polri, dan satgas yang terus mengingatkan protokol kesehatan," ujarnya, seperti dikutip dari Antara.

Namun demikian Abraham menyampaikan, pemerintah tidak terburu-buru menurunkan status pandemi menjadi endemi, meski beberapa indikator menunjukkan perbaikan.