IFBC Banner

Rusia Gemetar Nih! Senjata Artileri Howitzer AS Sudah Tiba di Ukraina

Minggu, 08 Mei 2022 – 20:01 WIB

Artileri howitzer

Artileri howitzer

JAKARTA, REQnews - Amerika Serikat (AS) mengklaim, sebagian besar dari 90 senjata artileri howitzer yang mereka kirim telah tiba di Ukraina, sebagai bantuan menghadapi invasi Rusia.

Juru Bicara Pentagon John Kirby menyebut, 60 persen dari 144 ribu amunisi howitzer juga telah mendarat dengan mulus di Kiev sebagai bantuan kepada militer Ukraina.

Selain itu, Kirby menyebut pihaknya juga telah memberikan pelatihan khusus untuk pasukan Ukraina dalam menggunakan sistem persenjataan tersebut.

Pelatihan lain telah melibatkan sistem radar pertahanan udara AN/MPQ-64 Sentinel. Ada 15 tentara Ukraina telah menyelesaikan pelatihan, dan 60 lainnya telah menyelesaikan pelatihan menggunakan kendaraan pengangkut personel lapis baja M113.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden telah mengumumkan pemberian bantuan kepada militer Ukraina sebesar 1,6 miliar dolar AS.

Dia meminta Kongres memberikan tambahan 20,4 miliar dolar AS dalam militer baru dan bantuan keamanan lainnya karena dana yang ada semakin menipis.

AS telah memberi Kiev berbagai persenjataan untuk membantu pertempurannya, termasuk drone, amunisi antitank dan antiudara dan artileri berat.