IFBC Banner

Keanehan dalam Tender Gorden DPR RI: Pemenang Perusahaan IT, Baru Teregistrasi Maret 2022

Senin, 09 Mei 2022 – 18:01 WIB

DPR RI

DPR RI

JAKARTA, REQnews - Ada sederet kejanggalan atau keanehan yang disorot publik dalam tender pengadaan goreden di rumah dinas anggota DPR RI Kalibata, Jakarta Selatan.

Juru Bicara DPP PSI Furqan AMC mengatakan, pemenang tender tersebut, yakni PT Bertiga Mitra Solusi adalah perusahaan IT yang harusnya bergerang di bidang teknologi.

"Profil PT Bertiga Mitra Solusi sebagai pemenang tender adalah perusahaan IT, tapi kok bisa menang tender pengadaan perlengkapan rumah tangga (gorden)," kata Furqan dalam keterangan resmi yang dikutip Senin 9 Mei 2022.

Selain itu, pihaknya juga menelusuri laman milik PT Bertigas Mitra Solusi. Ditemukan bahwa domainnya baru teregistrasi 25 Maret 2022, dan hanya didaftarkan untuk satu tahun saja.

"Terkesan sangat dadakan menjelang tender. Proyek ini seperti dipaksakan," ujar Furqan.

Kemudian, keanehan lainnya adalah harga gorden yang ditawarkan perusahaan itu dinilai tinggi, karena melebihi harga pasaran.

 

Tak cuma perusahaan IT, pemenang tender pengadaan gorden ini dimenangkan oleh perusahaan yang memberikan penawaran tertinggi senilai Rp 43,5 miliar tanpa keterangan spesifikasi.

"Logikanya kan tender itu mencari yang termurah untuk spek yang sama," ucapnya.