IFBC Banner

Hadiri KTT ASEAN-AS, Presiden Jokowi Tak Gunakan Pesawat Kepresidenan, Naik Apa?

Selasa, 10 Mei 2022 – 17:31 WIB

Presiden Joko Widodo (Foto: YouTube/ Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Foto: YouTube/ Sekretariat Presiden)

JAKARTA, REQnews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbang ke Amerika Serikat (AS) bersama rombongan, namun tak menggunakan pesawat kepresidenan seperti biasanya.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengungkap bahwa Jokowi terbang menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300.

Karena menurutnya, pesawat kepresidenan tidak bisa menampung jumlah rombongan yang ikut dalam kunjungan ke Amerika Serikat itu.

"Pesawat presiden hanya muat 48 orang, tim ada 62 orang. Dan jarak sangat jauh," kata Heru kepada wartawan, Selasa 10 Mei 2022.

Selain itu, jika menggunakan Pesawat Kepresidenan pun akan memakan waktu yang cukup lama, karena harus dua kali transit sebelum tiba di AS.

"Perjalanan sangat jauh jika pakai pesawat presiden bisa dua kali transit. Nah ini (Garuda) hanya satu kali (transit)," kata dia.

Untuk itu agar lebih efisien waktu, rombongan presiden pun menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

"Dan semua menteri yang ikut bisa satu pesawat PP. Dan tim advance akan ikut kembali bersama pesawat itu sehingga lebih efisien," lanjutnya.

Dengan didampingi sang istri Iriana Jokowi, eks wali kota Solo itu diketahui akan menghadiri Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-AS di Washington DC.

Jokowi berangkat pada Selasa 10 Mei 2022 pagi, dan akan kembali ke Jakarta segera setelah rangkaian pertemuan selesai pada tanggal 13 Mei malam.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun dijadwalkan akan tiba di Tanah Air pada hari Minggu 15 Mei 2022 pagi.