IFBC Banner

Demo Tolak DOB Papua, Jubir Petisi Rakyat Papua Diringkus Polisi

Selasa, 10 Mei 2022 – 20:36 WIB

Jefry Wenda ditangkap polisi (foto: SINDOnews)

Jefry Wenda ditangkap polisi (foto: SINDOnews)

JAKARTA, REQnews - Aparat Polresta Jayapura Kota menangkap Jubir Petisi Rakyat Papua (PRP) Jefry Wenda pada Selasa 10 Mei 2022 pukul 12.28 WIT.

Jefry diamankan bertepatan dengan demonstrasi PRP menolak keras daerah otonom baru (DOB) Papua. Ia ditangkap di kawasan Perumnas 4 Jayapura.

"Memang benar Jubir PRP sudah ditangkap dan saat ini diperiksa penyidik di Polresta Jayapura Kota," kata Kaops Damai Cartenz Kombes Muhammad Firman, seperti dikutip dari Antara.

Demonstrasi menolak DOB Papua digelar di beberapa titik di Jayapura, seperti Lingkaran Abepura, Expo Waena, dan Perumnas 3, yang berujung pada pembubaran oleh polisi maupun TNI.

Para pengunjuk rasa mulai berkumpul sekitar pukul 10.00 WIT. Puluhan demonstran, khususnya di Lingkaran Abepura itu kemudian diadang oleh personel Brimob Polda Papua dengan memakai mobil water cannon, lalu bubar karena aparat menggunakan gas air mata.

Pada hari yang sama juga berlangsung ujian sekolah dasar di Jayapura. Meski ada demonstrasi, namun kegiatan tersebut berjalan lancar.