Jaksa Kembalikan Berkas Perkara Doni Salmanan ke Polri, Kenapa Nih?

Jumat, 13 Mei 2022 – 03:03 WIB

Doni Salmanan

Doni Salmanan

JAKARTA, REQnews - Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) mengembalikan berkas kasus Doni Salmanan, tersangka kasus trading ilegal Quotes, kepada Dittipidsiber Bareskrim Polri.

"Berkas Perkara dalam Dugaan Tindak Pidana Berita Bohong dan Menyesatkan yang Mengakibatkan Kerugian Konsumen dalam Transaksi Elektronik dan/atau Penipuan dan/atau Pencucian Uang atas nama Tersangka DS kepada Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI," kata Kapuspenkum Kejaksaan Agung (Kejagung) Ketut Sumedana, Kamis 12 Mei 2022.

Menurut Ketut, pengembalian berkas Doni sudah sesuai surat pengantar nomor B -1795/E.3/Eku.1/04/2022 tanggal 27 April 2022 untuk selanjutnya dilengkapi kembali penyidik.

"Setelah menerima berkas perkara, Tim Jaksa Peneliti (P.16) berpendapat bahwa berkas perkara atas nama tersangka DS belum lengkap secara formil dan materiil," ujarnya.

Hal itu sebagaimana diatur dalam KUHAP prapenuntutan ini diatur dalam Pasal 14 huruf b yang berbunyi:

"Penuntut umum mempunyai wewenang mengadakan prapenuntutan apabila ada kekurangan pada penyidikan dengan memperhatikan ketentuan Pasal 110 ayat (3) dan ayat (4) dengan memberi petunjuk dalam rangka penyempurnaan penyidikan dari penyidik."

Seperti diketahui, Doni Salmanan adalah afiliator Quotex, aplikasi penipuan trading yang ilegal. Kini statusnya sudah menjadi tersangka.