IFBC Banner

Ngeri! Kim Jong-un Pakai Militer untuk Tangani Covid-19, Warganya Ketar-ketir Nih

Senin, 16 Mei 2022 – 13:30 WIB

Kim Jong-un

Kim Jong-un

JAKARTA, REQnews - Warga Korea Utara (Korut) tampaknya harus benar-benar taat sepenuhnya dan tidak macam-macam pada pemerintah mereka karena pihak militer sudah dikerahkan untuk menangani penyebaran Covid-19.

Perintah pengerahan militer ini datang dari Pemimpin Korut Kim Jong-un yang ingin penanganan Covid-19 berjalan maksimal serta stabilitas pasokan obat-obatan terjaga.

Mengutip Al Arabiya, Kim sempat marah besar kepada jajaran kabinetnya. Dalam rapat pada Minggu 15 Mei 2022, ia menyebut anak buahnya sudah tidak bisa lagi menunjukkan kerja sama dan tanggung jawab.

Menurut Kim, distribusi sumber daya obat-obatan nasional berjalan tidak sesuai harapan dan tak sampai ke masyarakat tepat waktu.

Untuk itulah itu mengerahkan korps medis angkatan darat untuk melakukan stabilisasi pasokan obat-obatan, terutama di Pyongyang, setelah kasus Covid-19 pertama terkonfirmasi di Korut.

 

Kim juga dilaporkan mengunjungi apotek-apotek yang berada di dekat Sungai Taedong di Pyongyang untuk mencari tahu pasokan dan penjualan obat.

Apotek-apotek tidak didukung sumber daya yang cukup, tidak ada tempat penyimpanan obat yang cukup, dan apotekernya tidak dilengkapi dengan pakaian pelindung yang layak.