IFBC Banner

Bantah Ustaz Abdul Somad Dideportasi Singapura, KBRI: Ditolak karena Tak Penuhi Syarat

Selasa, 17 Mei 2022 – 19:02 WIB

Ustaz Abdul Somad (foto: istimewa)

Ustaz Abdul Somad (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Klaim Ustaz Abdul Somad (UAS) yang dideportasi oleh pihak imigrasi Singapura saat akan berlibur bersama keluarga pada Senin 16 Mei 2022 lalu, membuat gempar publik.

Namun, Kepala Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Singapura Ratna Lestari membantah klaim UAS soal deportasi tersebut. Penceramah kondang itu hanya ditolak karena tak memenuhi syarat.

"Saya mau meluruskan, petugas imigrasi sudah menyatakan bahwa beliau tidak dideportasi, tetapi ditolak izin masuknya ke Singapura karena tidak memenuhi syarat kriteria warga asing untuk ke Singapura," kata Ratna, seperti dikutip dari Antara, Selasa 17 Mei.

Ia menjelaskan, UAS sempat diperiksa oleh pihak imigrasi di Pelabuhan Tanah Merah Singapura, terutama terkait paspornya.

"Jadi belum masuk ke Singapura dan izin masuknya ditolak. Itu yang disampaikan oleh imigrasi, karena kami sudah berkoordinasi dengan pihak imigrasi Singapura dan informasinya itu yang didapatkan dari pihak Singapura," ucap Ratna.

Terkait alasannya, Ratna menyebutkan bahwa pihak imigrasi Singapura tidak menjelaskan terkait alasan kenapa UAS ditolak masuk ke Singapura.

"Karena izin masuknya orang asing ke suatu negara memang kedaulatan masing-masing negara. Kami paham soal itu, karena kami sering menolak warga negara asing masuk ke Indonesia dengan beberapa kriteria yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia. Jadi hal yang sama dilakukan oleh pihak imigrasi Singapura, bahwa jika tidak dianggap memenuhi kriteria masuk ke wilayah Singapura, maka yang bersangkutan ditolak untuk masuk," kata dia menambahkan.