IFBC Banner

Korut Hanya Terima Bantuan Cina untuk Penanganan Covid-19, Korsel Cemburu Nih?

Rabu, 18 Mei 2022 – 19:00 WIB

Kim Jong-un

Kim Jong-un

JAKARTA, REQnews - Setelah ditemukannya kasus Covid-19 pertama, Korea Utara (Korut) mengirimkan sejumlah pesawat ke Cina untuk menerima bantuan pasokan medis.

Transaksi antara Korut dan Cina ini dipantau secara serius oleh Korea Selatan (Korsel). Adapun pesawat yang diterbangkan tiga unit adalah Air Koryo pada Senin 16 Mei 2022.

Pesawat itu terbang dan mendarat di Kota Shenyang, Cina, yang menandai penerbangan internasional pertama Korut sejak pandemi Covid-19 dimulai selama dua tahun terakhir.

"Mereka dapat mengoperasikan penerbangan tambahan karena jumlah yang mereka kirimkan kali ini tampaknya tidak cukup," menurut laporan Yonhap, seperti dikutip dari Antara, Selasa 17 Mei.

Cina sebelumnya mengatakan akan membantu Korut memerangi pandemi jika diminta. Begitu juga Korsel yang terus-menerus menawarkan diri sebagai pemasok obat-obatan bahkan vaksin untuk penanganan Covid-19 di Korut.

Korut melaporkan total 1,48 juta orang dengan gejala demam pada Senin malam, termasuk 56 kematian, menurut kantor berita resmi KCNA.