IFBC Banner

Soroti Kinerja Dirut PT Telkom Indonesia, SPKR Lakukan Aksi Teaterikal Wayang Orang

Jumat, 20 Mei 2022 – 15:55 WIB

Penyerahan tumpeng ke PT Telkom Indonesia dari SPKR

Penyerahan tumpeng ke PT Telkom Indonesia dari SPKR

JAKARTA, REQnews - Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Serikat Pemuda Kerakyatan (SPKR) melakukan aksi di depan Gerbang Telkom Landmark Tower, Jalan Jendral Gatot Subroto, Kuningan Barat, Mampang Prapatan Jakarta Selatan.

Dalam aksinya SPKR membawa teaterikal wayang orang, baju adat Jawa, tumpeng dan poster dengan tulisan 'SADAR LE, 10 Tahun Direksi Masih Durung Wareg' dengan hastag #pakririekganteng.

"Kami menyoroti Telkom Indonesia setelah saham GoTo merosot 42% ke level Rp 192 per saham sejak peluncuran perdananya Rp 338, kemerosotan saham tersebut mengakibatkan kerugian Rp 881 Miliar," ujar Korlap aksi SPKR Salim di Gerbang kantor Telkom Pusat, Jumat 20 Mei 2022.

Pihaknya pun meragukan kemampuan Ririek Adriansyah sebagai Dirut PT Telkom menggantikan Alex J. Sinaga. "Dan kami juga meragukan Kemampuan Dirut yang dikenal kental memulai karier nya di Telkom Group, namun jabatan direksi dibatasi oleh Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2005 tentang BUMN," lanjutnya.

Salim menjelaskan aksi teatrikal wayang orang dan nasi tumpeng dilakukan oleh SPKR sebagai bentuk kepedulian dan penghormatan kepada Dirut Telkom Ririek Adriansyah yang sudah mengabdikan dirinya sebagai direksi selama dua periode sejak 2012 (10 Tahun) dan akan berakhir pada tahun 2022 ini.

"Bahkan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2005 tentang BUMN pada pasal 19, masa jabatan direksi BUMN tidak boleh melebihi jangka waktu lima tahun, dan dapat diangkat kembali oleh RUPS untuk satu kali masa jabatan," katanya.

Menurunya, Peraturan Pemerintah ini adalah bukti kuat bahwa semua orang yang menjadi Pimpinan Perusahaan sudah di atur dalam regulasi peraturan perundang-undangan, agar semua orang tak jadi penguasa sepihak di bangsa ini.

Bahkan, kata dia, sekalipun itu jabatan presiden ada batasannya hanya dua periode/10 tahun. "Karena itu kehadiran SPKR mengingatkan Pak Ririek Adriansyah 'Sudah Cukup 2 Periode,' agar regenerasi tetap berjalan di BUMN Telkom," ujar Salim.

Massa SPKR yang diwakili wayang orang memberikan nasi tumpeng tersebut kepada perwakilan PT Telkom Indonesia Pusat yang diterima oleh Gunawan yang tidak mau disebutkan posisi dan jabatannya itu.