IFBC Banner

Vlogger Pakistan Bersepeda Motor Menyusur 80 Negara untuk Tunaikan Ibadah Umroh

Sabtu, 21 Mei 2022 – 22:51 WIB

Foto: ArabNews

Foto: ArabNews

Islamabad, REQNews.com -- Abrar Hassan, pesepeda motor dan vlogger Pakistan, berkendara melewati 80 negara selama 50 hari untuk mewujudkan impian menunaikan ibadah umroh.

"Ini impian saya; mengunjungi Arab Saudi dengan sepeda motor," kata Hassan kepada Arab News. "Tahun ini saya mewujudkannya."

Hassan adalah insinyur mesin di sebuah perusahaan otomotif Jerman. Ia berangkat dari kampung halamannya di Nankana Sahib, Propinsi Punjab Pakistan, pada 9 Februari.

Ia melintasi tiga benua. Sempat mengganti sepeda motornya dengan kuda, dan tiba di Madinah pada 27 Maret. Dari Madinah, Hassan berangkat ke Mekkah untuk menunaikan umrah.

"Mungkin ada beberapa perasaan tak bisa diceritakan dengan kata-kata," katanya. "Segalanya terasa nyata, dan saya menyukai setiap momen."

Hassan menyukai petualangan dan fotografi sejak kecil. Ia bangga bisa melintasi banyak perbatasan dan bertemu banyak orang di sepanjang jalan.

Namun berkah tak ternilai baginya adalah tiba di Madinah beberapa hari sebelum Ramadhan. Ia menjalankan ibadah puasa sepenuhnya di Madinah.

"Saya berterima kasih keapda orang-orang Arab Saudi yang menyambut saya dengan hangat," katanya.

Pengalaman tak terlupakannya adalah saat memasuki Arab Saudi ia disambuh sekelompok wanita yang menjual teh. "Ketika tahu saya datang dari Pakistan dengan sepeda motor untuk umrah, wanita-wanita itu tidak menerima uang yang saya sodorkan," kenang Hassan. "Wanita itu mengatakan; "Anda adalah tamu kami."

Moment itu terekam video dan diposting di media sosial dan viral. Hassan menjadi terkenal. Orang-orang di Madinah seakan bertemu selebritis bermotor saat melihat Hassan.

Kini, Hassan akan berkeliling Arab Saudi dengan sepeda motor; mengunjungi Riyadh, Jeddah, Abha, Al Bahah, Jazan, dan AlUla di dekat perbatasan Yordania.