IFBC Banner

Indonesia Semakin Tidak Baik, Massa Buruh Siap Gebrak Jokowi Lagi

Minggu, 22 Mei 2022 – 06:01 WIB

Ilustrasi buruh

Ilustrasi buruh

JAKARTA, REQnews - Elemen buruh dan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) siap melakukan aksi unjuk rasa kembali, sampai pemerintah mengabulkan semua tuntutan.

Seperti diketahui, Gebrak menggelar demonstrasi besar-besaran memperinhati Hari Buruh Internasional, Hari Pendidikan Nasional dan 24 Tahun Reformasi, di Jakarta, Sabtu 21 Mei 2022.

Dalam aksi ini, buruh masih membawa tuntutan yang sama seperti sebelumnya, yakni menolak segala bentuk kebijakan tidak pro rakyat, khususnya Omnibus Law UU Cipta Kerja.

“Rakyat Indonesia semakin tidak baik baik saja. Sehingga dalam aksi ini kami menuntut pertama cabut omnibus law beserta turunnya, kedua hentikan pembahasan revisi uu pembentukan peraturan perundang-undangan," kata Ketua KASBI Nining Elitos kepada wartawan.

"Selanjutnya, hentikan tindakan represifitas kriminalisasi gerakan rakyat slenajutnya tentang turunkan harga mulai dari bbm tarif dasar listrik LPG dan sembako PPN dan juga toll,” ujarnya menambahkan.

Ia juga mendesak Presiden Joko Widodo memperhatikan upah yang layak bagi dan menjamin kesejahteraan bagi para buruh.

“Itu menjadi tuntutan utama kita,” kata Nining.

Atas dasar itu, Gebrak, kata Nining, akan terus melakukan aksi massa dengan menggalang kekuatan yang lebih besar sampai semua tuntutan aksi dipenuhi oleh pemerintah.