IFBC Banner

Peringati 24 Tahun Reformasi, Barikade 98 Bagikan 1000 Paket Sembako

Minggu, 22 Mei 2022 – 17:32 WIB

Pembagian sembako oleh Barikade 98, Jumat 20 Mei 2022

Pembagian sembako oleh Barikade 98, Jumat 20 Mei 2022

JAKARTA, REQnews - Bertepatan di hari Kebangkitan Nasional dan Peringatan 24 Tahun Reformasi, Dewan Pimpinan Nasional (DPN) BARIKADE 98 menggelar aksi sosial dengan menyerahkan 1000 Paket Sembako kepada masyarakat.

Dibuka langsung oleh Sekjen BARIKADE 98 Arif Rahman dan dihadiri oleh pengurus DPN hingga DPW DKI Jakarta, kegiatan tersebut digelar di halaman DPN BARIKADE 98, kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 20 Mei 2022.

Dalam sambutannya, Arif Rahman menyatakan kegiatan yang ditujukan untuk masyarakat ini merupakan bentuk kepedulian sosial BARIKADE 98 atas kondisi yang menimpa masyarakat di masa pasca pandemi Covid 19.

"Kita semua tahu, selama masa pandemi Covid-19 hampir seluruh sendi kehidupan masyarakat terguncang. Khususnya di bidang ekonomi. Karena itu, kami (BARIKADE 98) berupaya bergotong royong meringankan beban masyarakat dalam bentuk aksi sosial ini. Sekaligus mendukung program pemerintahan Jokowi mendampingi masyarakat," ujar Arif.

Sementara, Ketua Panitia Nuryaman Berry Hariyanto mengatakan pihaknya mencanangkan bulan Mei menjadi Bulan Bakti Reformasi adalah sebagai bentuk pengingat, bahwa pada bulan itu ada ada lipatan sejarah yang sangat monumental, yakni Reformasi tahun 1998.

"Pada Mei tahun 1998, ada angin perubahan yang didorong oleh sekelompok anak muda berjaket almamater. Saat itu, ribuan mahasiswa dengan semangat moral force bergerak menuntut perubahan yang termaktub dalam poin-poin Agenda Reformasi. Hingga akhirnya rezim diktator Soeharto tumbang pada 21 Mei 1998. Dan kegiatan ini adalah bentuk syukuran BARIKADE 98 atas tumbangnya Order Baru," kata Berry.

Tahun ini, lanjut Waketum 1 BARIKADE 98 ini, sudah memasuki tahun ke 24 Reformasi. Muncul pertanyaan, apakah agenda Reformasi sudah sesuai dengan yang dicita-citakan, atau semakin menjauh dari harapan.

"Kondisi ini menjadi tanggung jawab moral bagi semua Aktivis 98 yang sudah mendobrak angin perubahan di negeri ini. Maka, harus terus diingatkan kepada seluruh elemen bangsa bahwa masih ada PR besar yang harus diwujudkan agar bisa mencapai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia," lanjutnya.

Pada tingkatan minimal, lanjut Berry, setidaknya negara sudah hadir melalui Kementerian BUMN yang dipimpin Erick Thohir, dengan memberikan rumah bagi keluarga korban tragedi Trisakti. "Kami menghaturkan Terima kasih atas penghargaan tersebut," ujar Berry.