IFBC Banner

Kibarkan Bendera LGBT, Dubes Inggris Dipanggil Menlu RI Hari Ini

Senin, 23 Mei 2022 – 10:52 WIB

Bendera LGBT berkibar di Kedubes Inggris

Bendera LGBT berkibar di Kedubes Inggris

 

JAKARTA, REQnews - Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins rencananya akan dipanggil Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi hari ini buntut pengibaran bendera pelangi simbol kaum Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta beberapa waktu lalu.

 

 

Pejambon sudah menjadwalkan hari pemanggilan sang ambasador.


"Rencananya hari ini," kata Juru Bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, Senin 23 Mei 2022. 

Untuk pemanggilan Duta Besar Inggris, dirinya belum mendapatkan jadwal jam persis. Meski begitu, Dubes Owen Jenkins dikatakannya telah bersedia memenuhi panggilan Kemlu RI.


"Sudah," kata Faizasyah.

Diberitakan sebelumnya, pada 17 Mei 2022, bendera pelangi dikerek di tiang bendera Kedubes Inggris, berjejer dengan bendera Inggris Union Jack. Momen 17 Mei adalah Hari anti-homofobia diperingati dunia setiap 17 Mei. Dilansir situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lembaga ini telah menghapus homoseksualitas dari klasifikasi internasional tentang penyakit pada 17 Mei 1990.


"Kemarin, pada Hari Internasional Melawan Homofobia, Bifobia, dan Transfobia (IDAHOBIT) - kami mengibarkan bendera LGBT+ dan menggelar acara, demi kita semua yang merupakan bagian dari satu keluarga manusia," demikian keterangan Kedutaan Besar Inggris untuk RI via akun resmi Instagram-nya, Sabtu 21 Mei 2022.