IFBC Banner

IKN Rawan Serangan Udara, Jenderal Andika: Alutsista Kita Kurang

Senin, 23 Mei 2022 – 21:00 WIB

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

JAKARTA, REQnews - Panglima TNI Jenderal Andika ikut menanggapi pernyataan Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto bahwa Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara rawan akan serangan udara.

Menurut Andika, TNI saat ini masih kekurangan dari aspek alutsista di tiga matra, yakni TNI AD, TNI AU, dan TNI AL.

"Memang kalau dilihat dari alutsista, kita memang masih kurang banyak sekali. Bukan hanya di udara, tapi juga di matra darat dan matra laut," kata Andika di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Senin 23 Mei 2022.

Namun, Andika tak berkecil hati. Ia berkata pemerintah sudah secara maksimal memberikan tambahan alutsista sesuai kondisi keuangan negara.

"Tapi yang jelas tidak ada pemerintah yang kemudian tidak berusaha maksimal dalam memberikan anggaran, termasuk pemerintah presiden saat ini," ujar Andika, seperti dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto menyebut lokasi IKN di Kalimantan Timur rentan terhadap serangan udara dari luar.

"Secara geografis, Ibu Kota Nusantara memiliki kerentanan tinggi terhadap ancaman eksternal. Khususnya yang bersumber dari udara," kata Andi, Kamis 19 Mei.

Andi meminta agar kapasitas anti-access/area-denial (A2/AD) di sekitar IKN perlu diperkuat. Dia menambahkan pemindahan Ibu Kota Jakarta ke Kalimantan Timur perlu disertai perubahan paradigma pertahanan.

"Selama ini, pertahanan Indonesia cenderung berfokus pada pertahanan berbasis darat dengan mengandalkan strategi pertahanan mendalam (in-depth defense)," ucapnya.