IFBC Banner

Harun Masiku Licin, Novel Baswedan: Firli dan Kawan-kawan Diam Saja

Senin, 23 Mei 2022 – 22:30 WIB

Harun Masiku

Harun Masiku

JAKARTA, REQnews - Eks penyidik senior KPK Novel Baswedan mengungkap tiga faktor yang menjadi masalah hingga mengakibatkan buron nomor wahid Harun Masiku masih belum tertangkap.

Dalam cuitannya di Twitter, Novel menyebut ada yang bertanya kepada dirinya, kenapa ketika masih di KPK tidak berhasil menangkap Harun Masiku, buron kasus dugaan suap PAW DPR RI?

"Terkait dengan buronan Harun Masiku, ada yang bertanya kenapa ketika kami di KPK tidak ditangkap, dan sekarang kami mengkritik Firli Dkk," kata Novel, seperti dikutip Senin 23 Mei 2022.

 

"Walaupun sebenarnya semua sudah terungkap di media selama ini. Tapi bagus juga bila digambarkan agar jelas," ujar Novel menambahkan.

Adapun ketiga faktor yang dimaksud Novel adalah, pertama, ketika tim melakukan penangkapan beberapa orang dalam kasus yang melibatkan Harun dan mendapat intimidasi dari pihak tertentu, Ketua KPK Firli Bahuri tidak bersikap.

"Firli dan kawan-kawan diam saja," kata Novel.

Kedua, tim yang melakukan penangkapan dilarang melakukan penyidikan. Ujung-ujungnya, tim itu justru disingkirkan dari KPK.

"Sekarang orang-orang tersebut telah sukses disingkirkan oleh Firli Dkk," ucap Novel.

Ketiga, tim yang melakukan OTT justru diberi sanksi. Mulai dari anggota Polri, kejaksaan dan pegawai pengaduan masyarakat dipindahtugaskan oleh Firli.

"Beberapa lainnya disingkirkan dengan proses TWK," kata dia.

Novel menduga, kasus Harun Masiku yang juga menjerat eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan ini, melibatkan petinggi partai tertentu. Mengingat, Harun adalah kader PDIP saat itu.

"Pencarian terhadap Harun Masiku saya yakin tidak dilakukan kecuali hanya sekadarnya saja. Apakah ada kaitannya? Hanya Firli Dkk yang tahu," ucap Novel.