IFBC Banner

Respon Dubes Inggris Usai Dipanggil Kemlu Terkait Bendera LGBT, Santuy Banget!

Selasa, 24 Mei 2022 – 12:55 WIB

Bendera pelangi yang menjadi lambang bagi lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) (Foto: unplash.com)

Bendera pelangi yang menjadi lambang bagi lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) (Foto: unplash.com)

JAKARTA, REQnews - Pengibaran bendera pelangi Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta pada 17 Mei pekan lalu menuai kecaman. Buntut pengibaran bendera tersebut, Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) memanggil Dubes Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins untuk meminta keterangan. 

Pihak Kemlu RI kemudian menyampaikan sikap resminya atas tindakan pihak Inggris.

"Pada tanggal 23 Mei 2022, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI telah memanggil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, untuk menyampaikan keprihatinan dan kekecewaan atas pengibaran bendera LGBT+ di Kedutaan Inggris minggu lalu," kata Kemlu RI dalam keterangan tertulisnya, Selasa 24 Mei 2022.

Protes Indonesia kemudian dicatat oleh Owen Jenkins.

"Menanggapi hal ini, Duta Besar Inggris mencatat kekecewaan dan protes Pemerintah Indonesia dan akan menyampaikannya kepada Pemerintah Inggris di London," kata Kemlu RI.


Kemlu RI meminta semua kedutaan asing menghormati nilai-nilai keagamaan, sosial, dan budaya di Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, pengibaran bendera pelangi LGBT di Kedubes Inggris, Kuningan, Jakarta Selatan, dilakukan pada 17 Mei 2022, bertepatan dengan Hari Anti-homofobia. Bendera itu berkibar di samping bendera Inggris.