IFBC Banner

Kabinda Sulteng Brigjen TNI Andi Chandra Ditunjuk Jadi Pejabat Bupati Seram Bagian Barat

Selasa, 24 Mei 2022 – 15:32 WIB

Brigjen TNI Andi Chandra As'aduddin

Brigjen TNI Andi Chandra As'aduddin

JAKARTA, REQnews - Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Sulawesi Tengah Brigjen TNI Andi Chandra As'aduddin ditunjuk sebagai penjabat (Pj) Bupati Seram Bagian Barat, Maluku. Ia ditunjuk untuk menggantikan Bupati Seram Bagian Barat Yus Akerina yang masa jabatannya berakhir pada 22 Mei 2022.

"Benar, Brigjen Chandra sudah ditetapkan sebagai Penjabat Bupati," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Selasa 24 Mei 2022.

Mahfud mengatakan bahwa penunjukan tersebut sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Yaitu anggota TNI/Polri yang tidak aktif secara fungsional di institusi induk, tapi ditugaskan di institusi lain bisa menjadi penjabat kepala daerah.

"Misalnya mereka yang bekerja di BNPT, Kemko Polhukam, Kementerian Hukum dan HAM, BIN, Setmil, Lemhanas, dan lainnya. Aturan dan putusan MK mengatur begitu. Brigjen Chandra itu sudah lama dipekerjakan di BIN," kata dia.

Menurutnya, anggota TNI/Polri yang alih status menjadi PNS atau memutuskan pensiun juga bisa menjadi penjabat kepala daerah. "Paulus Waterpauw, Pati Polri bintang tiga yang sekarang jadi Penjabat Gubernur Papua Barat. Pak Waterpauw itu sekarang bekerja di Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP)," ujarnya.

Diketahui hingga tahun 2023, sebanyak 271 kepala dan wakil kepala daerah akan berakhir masa jabatannya. Sehingga untuk mengisi kekosongan jabatan, pemerintah menunjuk penjabat kepala daerah.