IFBC Banner

Setia untuk Palestina, Irak Sahkan UU Anti Diplomasi dengan Israel

Minggu, 29 Mei 2022 – 02:05 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Parlemen Irak mengesahkan RUU yang melarang jalinan hubungan diplomatik dengan Israel pada Kamis 26 Mei 2022 lalu.

Mengutip kantor berita Irak, INA, Sabtu 28 Mei 2022, UU itu disahkan dengan suara bulat, tanpa ada penolakan sedikitpun.

Parlemen Irak bahkan menyatakan bahwa segala tindakan atau upaya untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel, termasuk bagian dari kriminal yang memiliki konsekuensi hukum.

 

Dengan demikian, Irak menegaskan komitmennya sebagai pendukung utama kemerdekaan Palestina, bersama sejumlah negara lainnya yang juga menolak hubungan diplomatik dengan Israel, seperti Iran, Suriah maupun Arab Saudi, termasuk Indonesia.

Sementara sejumlah negara Islam lainnya, seperti Bahrain, Sudan hingga Uni Emirat Arab menjalin hubungan diplimatik dengan Israel. Sebelumnya, puluhan tahun silam, Turki dan Mesir lebih dahulu menjalin hubungan mesra dengan negara Zionis tersebut.

Hubungan-hubungan diplomatik dengan Israel itu dianggap sebagai pengkhianatan terhadap perjuangan bangsa Palestina yang telah lama direbut dan dijajah tanahnya.