IFBC Banner

Sadap WhatsApp Pakai Social Spy, Emang Bisa? Cek Faktanya!

Senin, 06 Juni 2022 – 16:30 WIB

Ilustrasi WhatsApp (Foto: istockphoto/gilaxia)

Ilustrasi WhatsApp (Foto: istockphoto/gilaxia)

 

IFBC Banner


JAKARTA, REQnews - Aplikasi Social Spy diklaim dapat melakukan penyadapan seluruh isi WhatsApp. Tapi ternyata, tools berbasis web ini cuma scam alias penipuan online. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengatakan Social Spy dapat digunakan dengan mudah secara gratis dan hasilnya langsung dikirim ke email penggunanya tanpa menunggu waktu lama.

 

"Aplikasi tersebut sebenarnya hanya scam atau penipuan dengan menggunakan aspek emosional pengguna untuk terjebak menggunakannya," kata situs resmi BSSN, melalui situs resminya.

Lembaga ini menyebut banyak informasi yang salah mengenai SocialSpy yang beredar beberapa waktu terakhir. Bahwa, app ini bisa melakukan penyadapan terhadap isi pesan, riwayat obrolan, panggilan dan lainnya sebagainya aplikasi WhatsApp.


"Faktanya aplikasi SocialSpy tidaklah memiliki kemampuan tersebut," kata BSSN.

Buktinya bisa dilihat dari permintaan/persyaratan cara verifikasi aplikasi tersebut yang ternyata bukan untuk membuktikan diri bukan robot. Namun, app itu justru meminta menginstal beberapa aplikasi lain.

"Aplikasi SocialSpy tak lebih hanyalah aplikasi iklan yang mencari uang melalui klik atau pemasangan aplikasi yang mereka pasarkan. Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap risiko penggunaan aplikasi SocialSpy tersebut," ujar BSSN.


Dikutip dari situs resminya, SocialSpy memberikan tiga langkah mudah untuk menggunakan aplikasi yang diklaim dapat memata-matai pengguna WhatsApp yang jadi target.

Pertama, masukkan nomor WhatsApp yang jadi target; kedua, lengkapi verifikasi yang memastikan Anda manusia, bukan Robot; ketiga, lihat riwayat isi pesan target.