IFBC Banner

Khilafatul Muslimin Dihabisi, 5 Bosnya Sudah Jadi Tersangka

Sabtu, 11 Juni 2022 – 20:01 WIB

Khilafatul Muslimin

Khilafatul Muslimin

JAKARTA, REQnews - Khilafatul Muslimin, kelompok yang mengusung ideologi bertentangan dengan Pancasila kini sudah ditindak oleh kepolisian, mulai dari pusat sampai daerah.

IFBC Banner


Setelah sang pemimpin tertinggi, Abdul Qadir Hasan Baraja, sejumlah dedengkot Khilafatul Muslimin di berbagai daerah juga diamankan dan dijadikan tersangka.

"Jadi sekarang total sudah ada lima tersangka," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Depok, Sabtu 11 Juni 2022.

Dedi menjelaskan, untuk Polda Jawa Timur menetapkan satu tersangka, sementara Polda Jawa Tengah menetapkan tiga tersangka dari Khilafatul Muslimin.

Lalu, Polda Metro Jaya juga menetapkan satu tersangka, yakni Abdul Qadir Baraja, yang merupakan mantan napi terorisme.

Sementara itu, Polda Jawa Barat sampai saat ini masih dalam proses penyelidikan dan pendalaman. Beberapa pihak sedang dimintai keterangan.

Atas perbuatannya mereka dijerat dengan Pasal 14 dan/atau Pasal 15 UU No 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 82 A jo Pasal 59 UU Nomor 16 tahun 2017 tentang Penetapan Perpu No 2 tahun 2017 tentang Periubahan UU Nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Masyarakat.