IFBC Banner

Waspada! Transmisi Omicron BA.4 dan BA.5 Sudah Serbu Jakarta

Senin, 13 Juni 2022 – 20:00 WIB

Ilustrasi Omicron

Ilustrasi Omicron

JAKARTA, REQnews - Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 dilaporkan sudah bertransmisi di wilayah DKI Jakarta, setelah penemuan empat kasus baru-baru ini.

IFBC Banner


"Jadi transmisi lokal ini sudah terjadi di Jakarta," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Senin 13 Juni 2022.

Tercatat sudah ada delapan kasus subvarian ini di Indonesia. Tiga di antaranya adalah kasus impor yang dibawa pelaku perjalanan luar negeri, sisanya transmisi lokal.

Adapun kasus impor itu diketahui pada perhelatan GPDRR 2022, pada bulan Mei lalu di Bali. Dari mereka, kemudian menular ke salah satu awak media yang melakukan peliputan.

Menkes Budi menyebut, sementara ini pemerintah terus melakukan pemantauan. Dikatakan bahwa telah terjadi kenaikan kasus di wilayah Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Bali.

Meski demikian, secara nasional, situasi Covid-19 masih terkendali. Bila melihat tiga indikator pengendalian Covid-19 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia berada pada level transmisi pertama.

Tiga indikator tersebut ialah pertama, kasus konfirmasi positif masih kurang dari 20 per pekan per 100.000 penduduk. Kedua, positivity rate kurang dari 5 persen. Ketiga, angka reproduksi efektif di angka 1.