IFBC Banner

Ada Perwiranya Minta Duit ke Kapal Asing, KSAL Laksamana Yudo Margono Marah Besar

Selasa, 14 Juni 2022 – 04:07 WIB

KSAL Laksamana Yudo Margono

KSAL Laksamana Yudo Margono

JAKARTA, REQnews - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono marah besar setelah mengetahui adanya dugaan salah satu perwira TNI AL yang 'memalak' kapal asing.

IFBC Banner


Adapun perwira itu disebut meminta uang untuk membebaskan kapal tanker Nord Joy. Yudo mengimbau, jika ada yang mengetahui identitas pelaku, harap segera melaporkan kepada dirinya.

"Angkatan Laut ini jelas, rupanya jelas, namanya jelas, ketuanya jelas, tunjukkan saja siapa, kalau perlu yang minta itu difoto kan bisa, ini loh muka yang minta itu. Bisa loh," kata Yudo di Jakarta, Senin 13 Juni 2022.

Yudo menyebut, pihaknya sudah menyelidiki tudingan tersebut, salah satunya dengan meminta keterangan nahkoda kapal Nord Joy, yang mengaku bahwa pemerasan dimaksud tidak benar terjadi seperti yang diberitakan.

"Kemarin sudah di-crosscheck oleh Pangkoarmada I kepada nahkodanya, siapa yang membuat ini, apakah istilahnya dari kapal tersebut atau owner-nya ada tawaran seperti itu. Ya kemarin nahkodanya mengaku tidak. Yang betul yang mana? Berita ini dari mana?" ujar Yudo.

"Tapi kita tetap dari dalam melaksanakan konsolidasi, kita selidiki apakah ada orang dalam yang terlibat dengan berita-berita seperti ini, sudah sering dilakukan, tapi kita tidak pernah mundur," kata Yudo menambahkan.

Lebih lanjut, Yudo berkata, tuduhan seperti ini bukanlah yang pertama kali ditujukan kepada TNI AL. Meski demikian, dia menekankan, pihaknya akan terus melakukan tindakan tegas terhadap kapal-kapal asing yang melakukukan pelanggaran di wilayah perairan Indonesia. 

Selain itu, Yudo menambahkan, hingga kini kapal Nord Joy dan beberapa kapal asing lainnya masih dalam penyidikan di Pangkalan Laut (Lanal) Batam.