IFBC Banner

Instruksi KPK untuk Menteri Baru Jokowi: Laporkan Kekayaan, Paling Lambat 3 Bulan!

Rabu, 15 Juni 2022 – 22:06 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

JAKARTA, REQnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta dua menteri dan tiga wakil menteri yang baru dilantik Presiden Joko Widodo untuk melaporkan kekayaannya.

IFBC Banner


Plt Jubir KPK Ipi Maryati mengatakan, laporan kekayaan harus disampaikan paling lambat tiga bulan setelah dilantik.

"Sebagai pejabat yang memiliki fungsi strategis terkait penyelenggaraan negara, KPK mengimbau untuk melaporkan harta kekayaan paling lambat tiga bulan sejak pengangkatan," kata Ipi, seperti dikutip dari RMOL, Rabu 15 Juni 2022.

Ipi menegaskan, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) adalah bentuk komitmen anti korupsi yang mengedepankan transparansi dan akuntabilitas.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi resmi melantik dua menteri baru, mereka adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan M Lutfi dan mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN menggantikan Sofyan Djalil.

Sementara tiga wakil menteri yang juga dilantik adalah Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN, John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri dan Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan.