Terungkap, Ini Alasan Kemendagri Belum Kabulkan Perpanjangan Izin FPI

Senin, 29 Juli 2019 – 19:00 WIB

Ilustrasi FPI

Ilustrasi FPI

JAKARTA, REQnews - Hingga kini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih belum mengabulkan permohonan perpanjangan izin Front Pembela Islam (FPI), padahal sejumlah syarat administrasi sudah diserahkan organisasi pimpinan Rizieq Shihab tersebut.

Ada apa sebenarnya antara Kemendagri dengan FPI, higga izin tersebut belum diterbitkan?

Dijelaskan Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Didi Sudiana, saat ini permohonan dari ormas FPI belum bisa diputuskan, karena masih mempertimbangkan pendapat kementerian lain dan lembaga terkait yang berkenaan dengan perpanjangan izin.

"Kita harus bersinergi dengan semua stakeholder di kementerian dan lembaga terkait. Ingat, ini berlaku bukan hanya untuk FPI ya, tapi siapa saja ormas yang daftar, sesuai regulasi," kata Didi di Jakarta, Senin 29 Juli 2019.

Menurut Didi, yang pertama kali harus diselesaikan oleh FPI adalah menyelesaikan syarat administrasi. Kemudian, akan dilakukan verifikasi terhadap persyaratan administrasi yang sudah dikumpulkan.

Terkait persyaratan administrasi, Didi menyatakan FPI belum melengkapi semua yang diminta oleh Kemendagri. Salah satunya, ada syarat dari Kementerian Agama (Kemenag) yang harus dilampirkan oleh FPI. 

Jika nantinya syarat sudah dilengkapi, Kemendagri akan mulai melakukan verifikasi. Selebihnya, kata Didi, akan dipertimbangkan bersama kementerian atau lembaga terkait.

Didi berkata, tidak ada batas waktu untuk melengkapi syarat administrasi itu. Jika pihak FPI mengumpulkan kelengkapan berkas, Kemendagri akan langsung memproses verifikasi.