IFBC Banner

Panglima Inggris Perintahkan Pasukan Siap Hadapi Rusia di Eropa

Senin, 20 Juni 2022 – 13:07 WIB

Foto: Al Arabiya

Foto: Al Arabiya

London, REQNews.com -- Jenderal Sir Patrick Sanders, Kepala Staf Umum Inggris, memerintahkan pasukannya bersiap menghadapi Rusia di medan perang Eropa.

BBC. Minggu 19 Juni, melaporkan instruksi disampaikan Jenderal Sanders dalam pesan internal bertanggal 16 Juni. Ia adalah kepala staf umum pertama sejak 1941 yang mengambil alih komando tentara di bawah bayang-bayang perang di Eropa.

"Invasi Rusia ke Ukraina menggaris-bawahi tujuan inti kami, untuk melindungi Inggris dan siap berperang dan memenangkan pearng di darat, serta memperkuat persyaratan untuk mencegah agresi Rusia dengan kekuatan," kata Jenderal Sanders.

Menurut Jenderal Sanders, dunia telah berubah sejak 24 Februari, ketika Rusia menginvasi Ukraina. Kini, lanjutnya, ada keharusan yang membara untuk membentuk pasukan yang mampu bersama sekutu mengalahkan Rusia dalam pertempuran.

Inggris akan mempercepat mobilisasi dan memodernisasi pasukan untuk memperkuta NATO dan mencegah kesempatan Rusia menduduki Eropa lagi.

"Kami adalah generasi yang harus mempersiapkan tentara berperang di Eropa sekali lagi," katanya.

NATO dan Uni Eropa melancarkan berbagai upaya diplomatik untuk mengakhiri konflik sejak Rusia menginvasi Ukraina, tapi hanya mendapat sedikit kemajuan dalam 100 hari pertama perang.

Barat, terutama AS, sejauh ini telah mengirim peralatan tempur bernilai ratusan juta dolaruntuk mendukung Ukraina tapi menolak pengiriman pasukan. Barat khawatir Rusia merespon dengan mengerahkan nuklir.