IFBC Banner

Myanmar Bergejolak, Aung San Suu Kyi Dipindah dari Tempat Rahasia ke Penjara

Kamis, 23 Juni 2022 – 19:30 WIB

Aung San Suu Kyi

Aung San Suu Kyi

JAKARTA, REQnews - Mantan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dipindah dari lokasi rahasia tempatnya ditahan oleh junta militer, ke penjara Naypyitaw pada Rabu 22 Juni 2022,

Kabar ini disampaikan salah satu sumber yang menyaksikan pemindahan Suu Kyi. Nantinya, politikus perempuan itu akan ditempatkan di sel khusus yang terpencil dalam penjara tersebut.

Kemudian, setelah informasi bocor, polisi Myanmar akhirnya mengonfirmasi kebenaran pemindahan Suu Kyi, yang dihujani belasan dakwaan sebelumnya oleh rezim militer.

Sebelumnya, sejak kudeta militer di Myanmar pada Februari 2021 lalu, Suu Kyi adalah politikus yang dianggap paling berbahaya.

Akhirnya, militer sejak April 2021 memindahkan Suu Kyi ke sebuah lokasi rahasia, yang tak diketahui oleh pihak manapun selain dari lingkaran junta.

Setelah pindah ke Lapas Naypyitaw pada Rabu, Suu Kyi akan menjalani persidangan yang dilaksanakan di pengadilan khusus di dalam penjara tersebut.

Sejauh ini, dia telah dijatuhi hukuman 11 tahun penjara dan masih harus menghadapi beberapa dakwaan lainnya. Jika diputuskan bersalah atas seluruh dakwaan yang diajukan untuknya, hukuman Suu Kyi bisa sampai 100 tahun lebih.

Suu Kyi masih punya banyak pendukung di Myanmar, yang menolak keras pengambilalihan kekuasaa secara paksa oleh militer.