IFBC Banner

Kebijakan Baru Soal Jilbab Mulai Berlaku, Kini Perempuan-perempuan Arab Saudi Berambut Pendek

Jumat, 24 Juni 2022 – 18:34 WIB

Perempuan Arab Saudi Berambut Pendek (Foto:globalvillagespace.com)

Perempuan Arab Saudi Berambut Pendek (Foto:globalvillagespace.com)

 

IFBC Banner


ARAB SAUDI, REQNews - Arab Saudi kini memperbolehkan perempuan-perempuan memangkas rambutnya jadi pendek. Perempuan-perempuan berambut pendek kini terlihat di jalanan kota-kota Riyadh, ibu kota Arab Saudi.

Dulu dikenal sebagai negara yang konservatif terhadap tradisi perempuan. Kini negara itu telah menghapus kewajiban perempuan hanya boleh berhijab di tempat publik.

Potongan rambut itu sendiri dikenal dengan istilah ‘boy’ yang diambil dari bahasa Inggris. Fenomena ini marak di pekerja-pekerja di Arab Saudi.

Maraknya gaya rambut kasual pendek bermula dari banyaknya pekerja perempuan yang masuk dalam angkatan kerja di Arab Saudi.

Seorang wanita Arab Saudi bernama Safi yang berprofesi sebagai dokter mengaku memang sengaja tampil dengan gaya rambut pendek sebagai upaya perlidungan dirinya dari mata genit laki-laki dan memungkinkan dirinya fokus ke pasien.

“Orang-orang suka sisi feminin perempuan. Gaya seperti ini justru jadi perisai bagi saya dan memberi saya kekuatan,” ungkapnya dikutip dari France24, Jumat 23 Juni 2022.

Lamis, seorang penata rambut Riyadh menuturkan, tren gaya rambut pendek ini memang jadi tren belakangan ini di Arab Saudi.

Ia bahkan menyebut, permintaan itu meningkat bahkan pernah sampai 30 orang perhari.

"Tampilan ini menjadi sangat populer sekarang," katanya.