IFBC Banner

Tjahjo Tebar Ancaman Pecat Tak Hormat untuk PNS yang Rajin Bolos

Sabtu, 25 Juni 2022 – 09:01 WIB

Ilustrasi PNS

Ilustrasi PNS

JAKARTA, REQnews - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2022, yang berisikan peringatan keras bagi seluruh PNS di Indonesia.

IFBC Banner


Tjahjo menebar ancaman tegas dalam SE tersebut, bahwa jika PNS rajin bolos maka bisa dipecat secara tidak hormat.

Dalam SE itu, Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) diminta mengawasi jam kerja PNS atau ASN di lingkungan instansinya masing-masing.

PNS yang tak masuk kerja tanpa alasan secara kumulatif selama 28 hari atau lebih satu tahun, akan diberhentikan dengan tidak hormat.

Selain itu pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS, para abdi negara yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah secara terus menerus selama 10 hari kerja akan disanksi serupa.

Hal tersebut tertuang pada Pasal 11 ayat (2) huruf d angka 3) dan angka 4) Peraturan Pemerintah Nomor 94/2021 tentang Disiplin PNS, yang menjadi landasan SE tersebut.

"Sebagai upaya pencegahan pelanggaran tidak masuk kerja yang lebih berat, serta percepatan pembinaan PNS yang melanggar ketentuan masuk kerja di lingkungannya, PPK perlu membangun sistem pengawasan terhadap kehadiran pegawai dengan lebih cepat dan akurat sesuai dengan karakteristik masing-masing," kata Menteri Tjahjo Kumolo.