IFBC Banner

Eropa Kian Panas, NATO Tingkatkan Jumlah Pasukan Tempur Respon Cepat

Senin, 27 Juni 2022 – 19:52 WIB

Foto: Russia Today

Foto: Russia Today

Madrid, REQNews.com -- Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) akan secara drastis meningkatkan jumlah pasukan tempur respon cepat.

IFBC Banner


"Kami akan mengubah pasukan respon cepat NATO dan meningkatkan jumlah pasukan tempur kesiapan tinggi menjadi 300 ribu," kata Sekjen NATO Jens Stoltenberg jelang pertemuan puncak blok pertahanan itu di Madrid akhir pekan ini.

Pasukan Tempur Respon Cepat (NRF) NATO saat ini berkekuatan 40 ribu personel. Stoltenberg mengatakan NATO juga akan memperkuat pertahanan udara dan meningkatkan persediaan pasokan militer.

Pemimpin NATO akan memulai pertemuan puncak tiga hari, Selasa pekan depan, dan fokus pada tanggapan kolektif terhadap konflik Ukraina-Rusia.

"Saya berharap ini akan memperjelas sekutu menganggap Rusia sebagai ancaman paling signifikan dan langsung terhadap keamanan kami," kata Stoltenberg seperti dikutip Russia Today.

Banyak negara anggota NATO memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Moskwa, dan memasok senjata berat ke Kiev, termasuk sistem rudal, drone tempur, dan kendaraan lapis baja.

Persiden Rusia Vladimir Putin mengatakan ekspansi NATO ke Eropa timur dan upaya mendapat pijakan milltier di Ukraina sebagai alasan meluncurkan kampanye miltier akhir Februari 2022.