IFBC Banner

Jenderal Andika Mutasi Massal 180 Perwira, Danpaspampres hingga Sederet Kabinda Digeser

Selasa, 28 Juni 2022 – 17:01 WIB

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

JAKARTA, REQnews - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukan mutasi besar-besaran 180 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) dari tiga matra TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

IFBC Banner


Mutasi tersebut tertuang dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/558/VI/2022 tertanggal 27 Juni 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Salah satu yang digeser posisinya adalah Mayjen TNI Budi Utomo, yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) menjadi Pangdam VI/Mulawarman.

Posisinya digantikan oleh Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, yang sebelumnya menjabat Wadanpaspampres.

Sejumlah Pangdam juga diganti, seperti Pangdam Mulawarman Mayjen Teguh Pujo Rumekso yang digeser menjadi Sesmenko Polhukam. Kemudian, ada juga Pangdam Pattimura Mayjen Ruruh A. Setyawibawa yang digeser ke posisi Irjenad, menggantikan Letjen Rudianto yang dimutasi menjadi Kabais TNI.

Selain Pangdam, banyak juga nama-nama jenderal yang menjabat Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda), yang ikut digeser.

Salah satunya Kabinda Kalimantan Utara Brigjen Sulaiman yang digeser menjadi Kabinda Jawa Tengah. Kemudian Laksma Adriansyah dari Kabinda Sulawesi Utara menjadi Kabinda Kepulauan Riau.

Kemudian sejumlah jenderal juga dimutasi sebagai pati di masing-masing matra, karena menunggu waktu pensiun, di antaranya seperti Letjen Joni Supriyanto yang sebelumnya menjabat Kabais TNI hingga Letjen Mulyo Aji yang sebelumnya menjabat Sesmenko Polhukam.

Selain para jenderal, sejumlah kolonel juga ikut dimutasi dan naik pangkat di posisi barunya masing-masing.