IFBC Banner

PN Surabaya Catat Nih! Wapres Ma'ruf Haramkan Nikah Beda Agama

Rabu, 29 Juni 2022 – 00:06 WIB

Ilustrasi pernikahan

Ilustrasi pernikahan

JAKARTA, REQnews - Pernikahan beda agama menjadi salah satu topik paling banyak diperbincangkan publik belakangan ini, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga ikut berkomentar.

IFBC Banner


Ma'ruf dengan tegas menyatakan bahwa, meski ada putusan dari Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, pernikahan beda agama tetap haram berdasarkan fatwa MUI.

"Dari segi fatwa MUI tidak sejalan ya, tidak sejalan," kata Ma'ruf di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa 28 Juni 2022.

Adapun fatwa MUI tersebut yakni Nomor 4/MUNAS VII/MUI/8/2005 tentang Perkawinan Beda Agama yang ditetapkan pada 28 Juli 2005.

Fatwa itu menyatakan ‘Perkawinan beda agama adalah haram dan tidak sah dan perkawinan laki-laki Muslim dengan wanita Ahlu Kitab, menurut qaul mu’tamad, adalah haram dan tidak sah’.

Selanjutnya, kata Ma'ruf, Komisi Hukum MUI akan membahas putusan PN Surabaya yang telah mengesahkan pernikahan beda agama.

"Akan dibahas di MUI seperti apa di komisi hukum, karena fatwanya memang tidak boleh, nanti MUI akan buat (langkah hukum)," ujarnya.