IFBC Banner

Kasad Jenderal Dudung Kini Punya Tugas Baru, Ngurusin Anak Stunting

Kamis, 30 Juni 2022 – 02:02 WIB

Kasad Jenderal Dudung Abdurachman

Kasad Jenderal Dudung Abdurachman

JAKARTA, REQnews - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dikukuhkan menjadi Duta Bapak Asuh Anak Stunting oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

IFBC Banner


Kepala BKKBN Hasto Wadoyo menyebut, pengukuhan Dudung bersamaan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas), yang digelar di Sleman, Yogyakarta, Rabu 29 Juni 2022.

Dalam momen pengukuhan itu, Hasto menyematkan selendang secara simbolik kepada Dudung, sekaligus menyatakan dimulainya program Bapak Asuh Anak Stunting.

Dudung kemudian memerintahkan semua jajarannya agar mendukung penuh percepatan penurunan angka stunting di Indonesia.

"Saya akan minta laporan secara signifikan per koramil, per kodim, per kodam. Bagaimana upaya-upaya peningkatan, baik upaya internal melakukan penanaman lahan-lahan yang nonproduktif menjadi produktif, kemudian hasilnya kita berikan kepada masyarakat," kata Dudung.

Ia mengaku, amanah ini sebagai tugas berat. Namun, harus tetap diupayakan dengan berbagai langkah, salah satunya adalah terus melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait pencegahan stunting dalam setiap kegiatan yang ia jalani.

Dudung menilai pencegahan stunting bisa dimulai sedini mungkin atau sebelum melakukan pernikahan. Lewat sosialisasi yang masif, masyarakat diharapkan paham tentang bahaya stunting dan bersama-sama menurunkan angkanya.

"Saya biasanya melakukan kunjungan ke perguruan tinggi untuk menyampaikan wawasan kecintaan Tanah Air dan bela negara. Jangan sampai tanpa pengetahuan mengakibatkan keturunan yang kurang baik," ujarnya.