IFBC Banner

Papua Jadi 3 Provinsi, Polri Kirim 300 Brimob ke Wamena Antisipasi Penolakan

Kamis, 30 Juni 2022 – 18:06 WIB

Ilustrasi Brimob (Foto:Istimewa)

Ilustrasi Brimob (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Polri mengirim 300 personel Brimob ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua dalam rangka mengantisipasi penolakan atas pembentukan tiga provinsi baru.

IFBC Banner


Komandan Batalion C Resimen II Pasukan Pelopor Brimob Polri, AKBP Aleks Tobing mengatakan 300 personel itu akan membantu Polres Jayawijaya untuk menjaga keamanan.

"Personel Mabes Polri ini tugasnya membantu Polres Jayawijaya terkait rencana penetapan DOB. Jadi sudah jelas menambah perkuatan," kata dia dikutip dari Antara.

Sementara itu, Polres Jayawijaya, AKBP Muh Safei, mengatakan 300 Brimob akan membantu 187 personel yang sejauh ini telah disiagakan.

Dia berharap masyarakat menerima kebijakan pemerintah pusat karena ada tujuan baik, yakni pemerataan pembangunan di Papua.

"Harapannya masyarakat harus mendengar pimpinan kita karena pimpinan yang ada, ini adalah wakil Tuhan yang ada di dunia," katanya.

Seorang pejabat TNI dari Batalion Infantri 756/Wimane Sili menyatakan siap memberikan dukungan kepada polisi dalam menjaga urusan keamanan di Papua usai penetapan tiga provinsi baru.

Diketahui, DPR baru saja mengesahkan rancangan undang-undang menjadi undang-undang tentang pembentukan tiga provinsi baru di Papua lewat paripurna pada hari ini, Kamis 30 Juni 2022.

Tiga daerah otonomi baru itu antaral lain Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.