IFBC Banner

Novel Sentil KPK soal TWK, Duh Pak Gak Bosan Itu-itu Melulu Ya?

Jumat, 01 Juli 2022 – 04:05 WIB

Novel Baswedan

Novel Baswedan

JAKARTA, REQnews - Eks penyidik senior KPK Novel Baswedan hingga kini masih terus mempertanyakan hasil Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), yang ia sebut tak pernah menerima hasilnya.

IFBC Banner


Seperti diketahui, akibat TWK tersebut, Novel yang tidak diluluskan kemudian dipecat oleh KPK.

Terbaru, dalam sidang gugatan administrasi hasil asesmen TWK di PTUN, Jakarta, Kamis 30 Juni 2022, Novel menyebut tes tersebut digunakan untuk dua tujuan, pertama pegawai baru dan kedua adalah kenaikan pangkat.

"Assesement itu dilakukan dua hal apabila mengisi posisi baru. Kedua untuk melihat ada untuk kenaikan posisi untuk kepentingan pelatihan, itu dijelaskan kekurangan juga," kata Novel, seperti dikutip dari Merdeka.

Selain itu, ia menyebut TWK yang dilakukan secara tertutup, dibumbui dengan pertanyaan-pertanyaan aneh. Kendati demikian, penggugat memberikan pertanyaan ke Novel, menanyakan hasil tesnya.

"Saya bertanya baik secara lisan maupun tertulis, hasilnya kami tidak dapat jawaban," ujar Novel.

"Bahkan sempat ke dewan pengawas untuk meminta melalui dewan pengawas tetapi sampai sekarang belum ada jawaban," kata dia menambahkan.

Setelah itu penggugat menanyakan tentang pernyataan presiden kalau tes TWK tidak dijadikan acuan dasar pemberhentian pegawai KPK.

Perihal itu memang diketahui Novel Baswedan melalui sebuah rekaman. Tapi kata Novel, pihak KPK tidak mentaati pernyataan presiden.