IFBC Banner

Berkas Perkara Lengkap, Polda NTT Segera Serahkan Tersangka Dugaan Korupsi Rp 1,2 Miliar ke JPU

Jumat, 01 Juli 2022 – 13:02 WIB

Dugaan korupsi (Foto: Istimewa)

Dugaan korupsi (Foto: Istimewa)

NUSA TENGGARA TIMUR, REQnews - Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) telah melimpahkan tersangka dan barang bukti dugaan korupsi senilai Rp 1,2 miliar pada 2017 ke Kejaksaan Tinggi NTT.

IFBC Banner


"Penyidik sudah melimpahkan tersangka serta barang bukti ke Kejaksaan untuk diproses lebih lanjut," kata Kabid Humas Polda NTT Kombes Ariasandy di Kupang, Jumat 1 Juni 2022.

Ia mengatakan bahwa kasus tersebut terkait dengan korupsi pekerjaan peningkatan jaringan irigasi di Mnesatbatan pada Dinas PUPR Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Dari kasus korupsi senilai Rp Rp1,2 miliar itu penyidik menemukan kerugian negara sebesar Rp 1,1 miliar.

Dalam kasus tersebut penyidik menetapkan tiga tersangka yaitu PWL selaku pejabat pembuat komitmen (PPK), DMB selaku konsultan pengawas, dan MMS selaku kontraktor pelaksana.

Pelimpahan berkas perkara tahap II terhadap tiga orang beserta barang bukti (BB) dilakukan usai berkas tersebut dinyatakan lengkap atau P-21.

"Sementara barang bukti yang diserahkan berupa uang tunai dan sejumlah dokumen yang berkaitan dengan pembangunan peningkatan jaringan irigasi di Mnesatbatan tersebut," ujarnya.

Atas perbuatannya itu, tersangka dijerat Pasal 2 ayat (1) subsider Pasal 3 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dan ditetapkan menjadi UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.