IFBC Banner

3 Penyakit Ini Masih Jadi Ancaman Serius bagi Anak, Bunda Tolong Waspada!

Jumat, 01 Juli 2022 – 20:00 WIB

Ilustrasi rubella

Ilustrasi rubella

JAKARTA, REQnews - Para orang tua di Indonesia, diminta untuk tidak lengah dengan tiga penyakit yang masih menghantui anak-anak.

IFBC Banner


Anggota Satgas Imunisasi Anak PP Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Prof Soedjatmiko menyebut, ketiga penyakit itu adalah campak, rubella dan difteri, yang penyebarannya harus segera dicegah.

"Kita jangan lengah, jangan terlalu sibuk dengan Covid-19, karena selalu ada campak, rubella, dan difteri yang setiap tahun mengancam anak, cucu, adik, dan ponakan kita," kata Soedjatmiko, seperti dikutip dari Antara, baru-baru ini.

Ia menuturkan, di tahun 2021 ada 25 provinsi dengan angka kasus penyakit campak dan rubella. Sementara di 2022 ini, baru 14 provinsi tercatat.

"Tapi kalau tidak segera dicegah maka bisa menyebar lebih luas lagi," ujarnya.

Soedjatmiko menjelaskan, bahaya campak tak hanya demam, batuk, pilek, sesak, dan bintik merah, tapi juga bisa mengakibatkan pneumonia atau radang paru, kejang, radang, otak, bahkan kematian.

Data menunjukkan, sebanyak 2.853 bayi mengalami radang paru dan 571 bayi mengalami kejang dan radang otak karena campak selama periode 2012 hingga 2017.

"Jadi, penyakit campak berbahaya. Bukan sekadar merah-merah, tapi kalau menyerang otak akan menyebabkan radang otak dan meninggal, sedangkan kalau sembuh dia akan cacat," kata dia.