IFBC Banner

Oh, Jadi Ini Biang Kerok Melonjaknya Kasus Covid-19 di Bali

Sabtu, 02 Juli 2022 – 07:03 WIB

Bali

Bali

JAKARTA, REQnews - Gubernur Bali Wayan Koster mengungkapkan penyebab utama di balik kenaikan kasus Covid-19 yang tinggi di Pulau Dewata belakangan ini.

IFBC Banner


Adapun Wayan menyebut, sumbangan Warga Negara Asing (WNA) telah menjadi faktor utama kenaikan angka kasus, ditambah dengan warga Bali yang baru kembali setelah berpergian dari daerah lain, yang terpapar Covid-19.

"Sebenarnya yang naik itu, satu adalah WNA, kunjungan wisman yang sekarang sudah meningkat mencapai 7 ribu hingga 8 ribu dalam satu hari. Itu kan ada negara yang masih memberlakukan untuk balik harus tes PCR," kata Wayan di Denpasar, Jumat 1 Juli 2022.

"Ketika (WNA) akan balik tes PCR ada yang positif Covid-19 antara 10 orang tapi tidak pernah di atas 20 orang di bawah 20. Tapi, kalau dibandingkan dengan yang datang 7 ribu yang positif hanya sekitar 15 (orang). Saya kira itu persennya sangat kecil, tidak signifikan," ujarnya menambahkan.

Kasus juga melonjak tajam karena wisatawan domestik yang berkunjung ke Bali, ternyata positif corona. Namun berdasarkan data, warga Bali tak bepergian tetapi terpapar Covid-19 hanya sedikit

"Yang ketiga adalah orang Bali yang lagi ke luar Bali, kan KTP Bali dia, ada yang (ke) Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur ada yang positif ketika mau balik (ke Bali). Jadi itu, sebenarnya yang tinggi," kata Wayan.