IFBC Banner

Menko Marves Luhut Pandjaitan Minta Kemendag Percepat Ekspor CPO

Minggu, 03 Juli 2022 – 03:02 WIB

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Istimewa)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) mempercepat ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) dan bahan baku minyak goreng.

IFBC Banner


Menurutnya percepatan tersebut dilakukan dengan menaikkan rasio angka pengali ekspor CPO dan bahan baku minyak goreng menjadi tujuh kali lipat dari kewajiban pasar domestik (DMO).

Luhut mengatakan bahwa langkah tersebut dilakukan ntuk memperbaiki harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di tingkat petani yang saat ini sangat rendah.

"Saya minta Kemendag untuk dapat meningkatkan pengali ekspor menjadi tujuh kali untuk ekspor sejak 1 Juli ini dengan tujuan utama untuk menaikkan harga TBS di petani secara signifikan," kata Luhut pada Jumat 1 Juli 2022.

Percepatan ekspor dilakukan, karena kapasitas tangki-tangki dalam waktu dekat akan kembali penuh, serta mengingat masih rendahnya harga TBS di kalangan petani.

"Saat ini harga minyak goreng telah mencapai Rp 14.000/liter di Jawa-Bali, sehingga kebijakan di sisi hulu dapat kita mulai relaksasi secara hati-hati untuk mempercepat ekspor dan memperbaiki harga TBS di tingkat petani," ujarnya.