IFBC Banner

Fakta Terbaru Dibalik Motif Tetsuya Yamagami Bunuh Shinzo Abe, Ternyata....

Senin, 11 Juli 2022 – 11:03 WIB

 Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe ditembak pada Jumat 9 Juli 2022 (Foto: Istimewa)

Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe ditembak pada Jumat 9 Juli 2022 (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Motif pembunuhan terhadap mantan perdana menteri Jepang, Shinzo Abe diakui Tetsuya Yamagami ada kaitannya dengan salah satu organisasi keagamaan terkait Abe yang telah membuat sang ibu bangkrut.

IFBC Banner


Namun, hingga kini belum terungkap organisasi keagamaan apa yang dimaksud Yamagami. Dikutip Reuters, polisi juga belum mengungkap nama organisasi itu.

Yamagami meyakini Abe terkait sebuah komunitas keagamaan dan mempromosikannya hingga ibunya rela menggelontorkan donasi dalam jumlah yang sangat besar kepada organisasi tersebut.


Menurut laporan koran Yomiuri yang mengutip sumber dari tim investigasi, Yamagami mengatakan kepada polisi bahwa ibunya jadi bangkrut gegara memberikan donasi tersebut.

 

"Keluarga saya bergabung dengan agama itu dan hidup kami menjadi lebih sulit setelah menyumbangkan uang untuk organisasi tersebut," kata Yamagami dikutip oleh sumber tersebut kepada polisi.

"Saya ingin menargetkan pejabat tinggi organisasi, tetapi itu sulit. Jadi, saya membidik Abe karena saya yakin dia terikat (dengan organisasi). Aku ingin membunuhnya," katanya lagi dikutip Asahi Shimbum.

 

Kepada polisi, Yamagami juga mengaku membuat sendiri senjata api yang digunakan untuk membunuh Abe pada Jumat 8 Juli lalu.