IFBC Banner

KPK Selidiki Aliran Uang Mantan Bupati Banjarnegara Lewat Mahasiswa Bernama Fadly

Kamis, 04 Agustus 2022 – 17:34 WIB

Mantan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono (Foto:istimewa)

Mantan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono (Foto:istimewa)

JAKARTA, REQNews - Belum diketahui apa hubungan mantan Bupati Banjarnegara dengan mahasiswa Bernama Fadly Waliyurrachman yang kini dimintai keterangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat Budhi Sarwono (BS).

IFBC Banner


Kendati demikian, Fadly diminta untuk hadir memenuhi panggilan pemeriksaan KPK sebagai saksi terkait kasus TPPU Budhi Sarwono, di Mapolrestabes Bandung, hari ini.

"Pemeriksaan dilakukan di Kantor Polrestabes Bandung, Jalan Merdeka No.18-21, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, atas nama Fadly Waliyurrachman Pelajar/Mahasiswa," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Kamis 4 Agustus 2022.

Dalam kasus mantan Bupati Banjarnegara tersebut, KPK telah menetapkannya sebagai tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Budhi ditetapkan sebagai tersangka pencucian uang setelah ditemukan bukti permulaan yang cukup.

Budhi Sarwono diduga telah menyembunyikan atau menyamarkan uang hasil dugaan korupsi terkait proyek pengadaan barang dan jasa di Banjarnegara ke sejumlah aset.

Budhi diduga sengaja menyamarkan uang hasil korupsinya ke sejumlah aset agar tidak terdeteksi oleh aparat penegak hukum.

Tak hanya itu, Budhi juga kembali ditetapkan sebagai tersangka. Kali ini, Budi terjerat kasus dugaan korupsi terkait keikutsertaannya dalam proses pengadaan barang dan jasa di Pemkab Banjarnegara serta penerimaan sejumlah gratifikasi.

Untuk diketahui, pada perkara sebelumnya, Budhi telah divonis bersalah. Budhi terbukti menerima suap dan gratifikasi terkait sejumlah proyek di Banjarnegara. Budhi divonis delapan tahun penjara dan denda Rp700 juta subsider enam bulan kurungan.