IFBC Banner

Lagi Foto-foto Sesama Anggota, Personel TNI Ini Tewas Tertembak di Kepala, Ini Kronologisnya

Jumat, 05 Agustus 2022 – 12:01 WIB

Prada Sandi Wiratama Saputra (Foto:Istimewa)

Prada Sandi Wiratama Saputra (Foto:Istimewa)

LANNY JAYA, REQNews - Prada Sandi Wiratama Saputra, anggota Pos Balingga dari Satgas Yonif Mekanis 203/AK meregang nyawa setelah tertembak temannya sendiri.

IFBC Banner


Mengenai meninggalnya satu prajurit TNI AD tersebut dibenarkan Komandan Korem 172/ PWY Brigjen TNI J.O Sembiring.

“Bahwa benar telah meninggal dunia 1 (satu) personel Pos Balingga Satgas Yonif Mekanis 203/AK atas nama Prada Sandi Wiratama Saputra, Anggota Pos Balingga Satgas Yonif Mekanis 203/AK pada hari Kamis 4 Agustus 2022 sekitar pukul 17.20 WIT di Pos Balingga akibat kelalaian prajurit dalam penggunaan senjata,” kata Komandan Korem 172/ PWY Brigjen TNI J.O Sembiring, Jumat 5 Agustus 2022.

Peristiwa penembakan tersebut terjadi saat korban dan teman-temanya sesama anggota TNI sedang asyik foto-foto dengan senjata, Kamis 4 Agustus 2022 petang.

Peristiwa bermula ketika 8 dari 12 personel Pos Balingga, Lanny Jaya, Papua Pegunungan melaksanakan patroli air di lokasi yang jaraknya sekitar 400 meter. Kegiatan tersebut dipimpin Pratu Eky.

Salah satu personel yakni Serda Supriadi membawa senjata SPR 3 untuk melindungi anggota lainnya saat bertugas.

Selesai mengambil air, salah satu anggota bernama Pratu Leroy mengajak Serda Supriadi untuk berfoto sambil memegang senjata SPR 3 tersebut.

Lalu korban, Prada Sandi Wiratama, datang dan meminta Pratu Leroy mengabadikannya pula dengan senjata yang sama. Setelah selesai memfoto Sandi, Leroy mengambil SPR 3 itu lagi dan kembali berpose.

Sandi mengambil foto Leroy dari depan. Leroy kemudian meminta Sandi untuk memfotonya dari arah belakang sambil Leroy memanggul SPR 3 dengan laras menghadap belakang, ke arah Sandi.
Tiba-tiba saja senjata itu meletus dan pelurunya mengenai kepala Prada Sandi Wiratama.

Sandi Wiratama Saputra, merupakan personel TNI yang berasal dari Kampung Cariu, RT 002/001, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dia lahir di Jakarta, 23 tahun silam.